Telah Tersedia Publikasi Kabupaten Barito Kuala Dalam Angka 2024, dapat diunduh di sini

PST BPS Kabupaten Barito Kuala buka setiap hari kerja pukul 08.00-15.30 WITA, Jalan Jenderal Sudirman No. 72 Ulu Benteng, Marabahan

Pertanyaan seputar data BPS Barito Kuala dapat menghubungi kami melalui  TANYALA 085828475634

Mengenal BPS sejak dini

Mengenal BPS sejak dini

12 November 2012 | Kegiatan Statistik Lainnya


D

engan atribut lengkap berseragam putih biru, sebanyak 96 siswa-siswi kelas VIII SMP Kristen Kanaan Banjarmasin dan 4 guru pendamping berkunjung ke kantor BPS Provinsi Kalsel, pada Rabu 24/10 yang lalu. Kedatangan mereka disambut Pjs. Kepala BPS Provinsi Kalsel, Edy Erwan (Kasi Lisbang Statistik), dikarenakan pejabat eselon II dan III sedang mengikuti Rateknas di Denpasar Bali.

                               

                          Seluruh siswa saat mendengarkan penjelasan singkat tentang BPS.

Dari 100 orang tamu ini, cukup membuat heboh kantor BPS Provinsi Kalsel dan pegawainya. Hal ini disebabkan para siswa-siswi beserta guru pendamping datang secara bersamaan. Meskipun mereka datang begitu banyak tidak menyurutkan semangat  pegawai BPS Provinsi Kalsel untuk tetap melayani dengan tulus.

Saat diruang pertemuan, salah satu guru pendamping menjelaskan maksud dan tujuan berkunjung ke kantor BPS Provinsi Kalsel, yaitu ingin mengenalkan BPS kepada siswa-siswinya. Karena BPS berhubungan dengan pelajaran siswa-siswi di sekolah kami. Seperti pelajaran Geografi (tentang wilayah), Matematika (data) dan Bahasa Indonesia (pembuatan laporan). Oleh karena itu kami ingin mengetahui lebih mendalam, kegiatan apa saja yang dilakukan BPS selama ini dari proses awal hingga menjadi sebuah buku atau publikasi, ucap guru pendamping.

Menyikapi apa yang disampaikan guru pendamping, Rohdiana Kurniawati (Kasi Diseminasi dan Layanan Statistik), memberikan penjelasan singkat tentang BPS, visi dan misi BPS serta aktivitas BPS  Provinsi Kalsel. Mulai dari proses perencanaan, pelatihan, hingga diseminasi dan publikasi. Hal menarik usai memberikan penjelasan singkat, banyak siswa-siswi dan guru pendamping yang melontarkan pertanyaan-pertanyaan seputar data jumlah penduduk menurut jenis kelamin dan kelompok umur. Selain itu tentang data kelahiran dan kematian Kalimantan Selatan.

                                                     

                                            Siswi SMP Kristen Kanaan Banjarmasin saat di perpustakaan.

Setelah hampir tiga puluh menit diruang pertemuan, semua siswa-siswi melanjutkan ke bagian pengolahan dan terakhir ke perpustakaan.  Saat di perpustakaan semua tugas yang diberikan guru pendamping  terjawab. Ternyata susah juga ya mencari data itu, ucap salah satu guru pendamping, saat mengakhiri kunjungannya sekaligus memberikan kenangan-kenangan untuk BPS Provinsi Kalsel.

Foto & Narasi by “My
Badan Pusat Statistik

Badan Pusat Statistik

Badan Pusat Statistik Kabupaten Barito Kuala (Statistics of Barito Kuala Regency)Alamat : Jl. Jenderal Sudirman No 72 Marabahan

70513 Indonesia Telepon : +62 511 4799057

Fax : +62 511 4799057 Email : bps6304@bps.go.id

bps6304@gmail.com

logo_footer

Tentang Kami

Manual

S&K

Daftar Tautan

Hak Cipta © 2023 Badan Pusat Statistik